Lali

August 2, 2007 at 7:20 am (tjrito)

“Singkong” Pagi-pagi Ibu dah ngasih job via sms,”pit, tolong ambil daun singkong muda satu ‘kardus’, langsung antar ke SMU 6, saya tunggu”. Uaahhh..!! Padahal itu baru aja aku buka mata. Mana perut masih keroncongan, tapi karena dapat perintah dari langit, langsung aku siapin senjata berburu daun singkong di kebun belakang. He..he..cuma lima belas menit aku sudah dapat satu kardus daun singkong. fyuuh..!!

Pokoknya sudah siap semua. Mandi udah, sarapan udah, pake baju juga udah, tinggal ambil paket daun singkong di ruang tengah, langsung cabut ke pangkalan ojeg. Ga perlu pake lama, supir pribadi dah nawarin aku naik ke mobilnya (angkot kali maksudnya..!!:). Jubrugg…untung waktu itu lagi sepi penumpang, jadi biar panas aku masih bisa ngisis di pinggir jendela. Tapi boro-boro mau santai, ternyata sampe di kampus pertanian di selatan jakarta semua penumpang (padahal cuma aku saja) disuruh pindah ke angkot lain. Males juga sih, tapi mo gimana lagi, langsung aku lari ke angkot lain. Yang bikin males, kali ini suasananya jauh beda, sumpek baget…udah panas ditambah bau keringat penumpang. Asin.!

10 menit angkot berjalan. Kurang lebih sudah 1 km meninggalkan kampus IPB. Diam-diam otak kananku ngajak ngobrol,“wah, tumben bener ini aku naik angkot. Biasanya mah berangkat agak terlambat pake motor butut. he..he.. ga papalah, sekali-kali masa ga boleh.”. “Trus, ntar jalan jauh dong ke kantornya??”. “Yaah, biar jauh yang penting kan sampe.. maksudnya sampe ke SMU 6″ Masih belum nyadar juga, aku liat-liat di sekeliling jalan sambil nyanyi. “O, iya yah, sekarang kan aku mau ke SMU 6. Tapi ngapain??”.”Ehm, kan disuruh Ibu nganter daun singkong”.”Bener juga, lo. BUT, dimana tuh daun singkongnya????!! perasaan tadi disamping aku?? Mak Byarr..!!!Ketinggalan di angkot pertama….Mati aku..” Bukan cuma deg-degan, keringat dingin langsung datang tanpa diundang..”Kang, kiri..kirrii di payun, Kang!!”. Untung masih ga begitu jauh dari rumah. Terpaksa deh balik lagi. Ambil daung singkong lagi. Tambah panas lagi. Tambah jalan lagi. Tambah capek lagi. Tambah pusing lagi…..Tambah ngerepotin teteh lagi..hiks.

“Payung”“Kang, mulih jam pira?” Sebelum magrib aku ngajak temen pulang bareng. “Bar maghrib wae lah, ngenteni udane mandheg”. Aku sih ngikut aja diajak pulang abis maghrib. Toh, di rumah juga ga ada kerjaan. Paling nonton tipi sampe ketiduran…zz.zzz…zz!!

Sudah seperti biasa, kota ini terasa aneh kalo ga macet. Tapi kali ini agak parah. Terpaksa kita sholat isya’ di mesjid terminal Bubulak. Mesjidnya mentereng, imamnya masih muda dan hapalannya banyak. Tapi di situ banyak “maling sendal”. Yo wis rappopo, lha wong sepatuku regane murah, paling ra ono sing gelem nyolong. Jadi santai aja kalo mampir sholat di situ.

Belum nyampe mesjid, mending aku sama temenku turun dan jalan bentar. Abis bayar ongkos, langsung kita nyeberang sambil nyelip di sela-sela mobil orang-orang berduit. Kebetulan juga adzan isya’ sudah terdengar. Ga perlu basa-basi kita ambil air wudhlu dan ikut berjamaah.

“Alhamdulillah” Tenang kalo sampe di rumah sudah sholat. Aku bergegas duluan ke luar masjid, karena pas aku liat temanku masih sholat sunah. Yaah, pengin santai di teras masjid sambil ngitung angkot lewat. Begitu temanku selesai, kita bergegas nyari angkot. Kebetulan juga waktu itu, gerimis kecil turun lagi. “waah, Kang, udan meneh ki”. “Eh, perasaan mau nggowo payung ya, tapii..?? ASTAGHFIRULLAH…ngga kebawa pas turun dari angkot tadi..idih!!!” Bukan maksud bela diri, tapi emang bener-bener lupa sama sekali. Blas..

Demensia apa demen’sia’

Beban berat, banyak pikiran, kerjaan seabrek, masalah dengan teman, ato nganggur terus-terusan kadang dijadikan biang keladi kenapa orang jadi pelupa. Dari artikel yang pernah saya baca, lupa itu merupakan penurunan intelegensi. Kata istilah sih demensia, yang konon gejalanya meliputi melemahnya daya ingat dan penilaian, disorientasi waktu dan tempat, serta hilangnya fungsi-fungsi intelek lainnya yang tejadi tanpa gangguan tingkat kesadaran. Itu ga ngaruh ke orang tua ato manusia yang masih muda. Trus, salah satu gejala penyakit stroke itu adalah demensia di usia muda. Waduh…?!!

“Bahaya, Kang..bahaya…!! Waah, yen jik nom ngene wis lalen, ojo-ojo aku kena demensia ki..cilaka.!! Ngeri juga kalo ternyata emang gitu.”walah..mungkin kemarin gi banyak pikiran kalee sampe lupa gitu..”.”Bukan banyak pikiran, Kang, cuma satu pikiran tapi beraatt..nie..!”. “Nah tu dia…itu mah bukan demensia, tapi demen’sia’..emang saha sih urangna??”. “halah..,kok malah mikirnya ke situ sih..”

Tapi selentingan temenku di atas aku rasa ada benarnya juga. Saya inget cerita, ada ulama yang ngga sengaja ngeliat yang ga boleh diliat, Beliau kehilangan sehagian hapalannya..ck..ck. Waduh, mungkin gitu kali ya, makin lama menjalani kehidupan bukannya tambah baik, tapi justru numpuk maksiat. Astaghfirullah.

Allah memang mengaruniai umatnya dengan lupa. Saya ga bisa bayangin bila saja saya tidak punya sifat lupa. Mungkin saya selalu juara kelas karena selalu inget yang saya pelajari. Mungkin juga saya ga akan bisa makan karena ga lupa abis ngeliat bangkai puluhan tahun lalu. Disini menunjukkan betapa Adilnya Allah SWT. Dia memberikan keseimbangan karunia bagi umat-Nya.

Terkadang bila mengalami kejadian yang kurang menguntungkan, rasanya sumpah serapah pengin keluar dari mulut ini. Tapi dalam agama yang saya yakini mengajarkan bahwa setiap peristiwa pasti ada hikmahnya. Seperti halnya lupa, saya yakin ga cuma saya saja yang pernah lupa. Ada yang lupa beneran tapi ada juga yang pura-pura lupa. Pura-pura lupa punya utang, pura-pura lupa pas ga bikin paper presentasi, ato pura-pura lupa ga nyatet materi buat alasan pinjem catetan cewe yang ditaksir. Saya sendiri ga tau pernah pura-pura atau belum. Hanya saja semoga Allah SWT memberikan karunia ‘lupa’ pada setiap kebaikan yang dilakukan, dan diberi ingatan yang kuat atas keburukan yang sering dilakukan. Wallahualam.

masepipit

Leave a Reply

