Sarung

August 6, 2007 at 2:27 am (tjrito)

“Bungkus Sarung”

Saya pernah inget guru SMP saya pernah ngasih pertanyaan ke murid-muridnya. ”Anak-anak, kalian tau ga apa singkatannya ’burung’??” semua murid terdiam, ”burung itu artinya ’di-bungkus sarung’”. Dia tanya lagi, ”kalau ’sarung’ apa sngkatannya?”. Murid-murid masih ga ada yang tau. ”Nah, kalau sarung itu artinya ’sangkar burung..” geerr…!! kelas jadi riuh dengan tawa murid.

Jangan berfikir ngeres dulu. Coba tengok di pasar burung. Orang kalo beli burung, kemudian dibawa pulang, pasti sangkarnya dikasih tutup sarung. Tul ga?? Saya penasaran juga kok pada begitu. Usut punya usut ternyata katanya biar waktu di jalan, burung tidak ketakutan pontang-panting. Lo kok bisa? Ya iya lah, di jalan kan banyak mobil sliweran, jadi mereka pada kaget ketakutan. Imbasnya nanti waktu sampe rumah, burung jadi trauma dan ga bisa berkicau merdu lagi. Ooo…gitu to!!

Saya sendiri heran. Binatang saja yang ga punya akal punya aturan tak tertulis bila ingin tetap selamat suaranya. Tapi mereka diperlakukan sedemikian rupa sesuai aturan itu. Sedangkan golongan manusia, seperti saya, sudah jelas punya aturan tertulis yang dipelajari di sekolah ato di rumah, malah berat sekali melaksanakannya.

Bukan orang lain atau Anda, tetapi saya sendiri. Sudah tau senyum itu sedekah, tapi kalo lagi suntuk, banyak kerjaan, mumet, ngelu, ya susah sekali buat senyum ke orang lain. Sudah tau ngomongin orang lain tuh ga baik, ora ilok, tapi pas ketemu temen dan keasyikan ngobrol, kadang kelepasan juga ngomongin orang lain. Sudah tau puasa sunah itu dianjurkan, baik untuk kesehatan, tapi kalo pagi lom sarapan di jalan ketemu tukang es cendol, langsung ajar sisan..!! Sudah tau suka ngebut itu dilarang, tapi prakteknya…???

Kata temen di kantor saya ternyata susah jadi manusia. He..he.., itu dikau. Kalo saya gampang kok jadi manusia. Caranya?? Mudah aja, pake sarung. Kalo suntuk banyak masalah, jadikan suntuk itu seperti burung, lalu bungkus aja pake sarung, trus lempar masalah itu jauh-jauh. Kalo lagi pengin ngebut?? Kumpulin aja ’keinginan’ itu, dipermak dikit jadi burung, lalu masukin sarung, trus tinggalin aja di meja makan biar diembat kucing garong. Kalo ga punya kerja? Bungkus aja koran-koran di pinggir jalan pake sarung, sapa tau ada lowongan yang cocok. Kalo pengin pesiar tapi ga punya ongkos, pengin nginep di hotel ga punya duit, pengin makan enak tapi ga kuat bayar?? Halaah..gitu aja pusing, iket semuanya kaya burung, lalu bungkus pake sarung, trus kamu masukin ke dalam mimpi, tinggal tidur, beres kan..!! iya bener juga. Cuma yang jadi masalah nih, kamu punya sarungnya ngga????

masepipit 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: